Inilah Suatu Objek Yang Dapat Memperlambat Atau Menghentikan Putaran Planet Bumi

Hallo, kali ini saya akan memberikan informasi tentang “Suatu Objek Yang Memperlambat Putaran Planet Bumi” Planet Bumi, merupakan suatu objek yang beputar atau berotasi hal ini sudah terjadi pada planet kita ini pada planet bumi sejak kelahirannya sekitar 4 Milyar Tahun yang lalu.

Pada awal terbentuknya Planet Bumi terbuat dari sebuah puing – puing yang tersisa ketika matahari terbentuk dari sebuah runtuhnya awan materi yang sangat besar. Kemudian beberapa puing – puing yang berbentuk bumi mengelilingi matahari bersama suatu objek Planet lainnya dan ini yang disebut dengan sebagai mengorbit.

Sama hal seperti berotasi, Bumi juga akan terus mengitari matahari dan beputar setelah terbentuk dan akan terus berputar hingga waktu yang sangat lama. Untuk saat ini bumi telah berputar sekali setiap 23 Jam 56 Menit.

Selama waktu ini, bumi juga bergerak sedikit lebih jauh pada orbitnya mengelilingi matahari yang membutuhkan waktu 1 Tahun untuk menyelesaikannya.

Objek Yang Memperlambat Putaran Bumi

Bumi terus beputar di ruang angkasa yang hampa udara dan diselimuti oleh cukup banyak ruang kosong diluar angkasa, bahkan tidak ada udara untuk mendorong dan memperlambat putaran bumi secara signifikan.

Inilah suatu hal yang dapat memperlambat putaran Planet Bumi adalah Bulan.

Pergerakan sisi Bumi yang menghadap ke bulan tidak diimbangi dengan sempurna oleh suatu gravitasi, dan juga tidak ada sisi bumi yang menjauh dari Bulan, Ketidakseimbangan tersebut menciptakan pasang surutnya air laut yang membuat daerah lautan akan menonjol di kedua sisi Bumi.

Saat bumi beputar, tonjolan ini akan bergerak melintasi permukaan bumi seperti, gelombang dan mendorong putaran bumi dan sedikit memperlambat putarannya. Tetapi hal itu tidak akan cukup dapat menghentikan rotasi bumi.

Suatu Objek yang dapat Menghentikan Putara Bumi

Yang bisa dapat menghentikan putaran bumi adalah jika ada suatu planet atau suatu objek Besar dapat mengakibatkan berhentinya putaran Bumi, jika suatu objek besar itu menabrak Bumi.

Tetapi jika itu memang terjadi kemungkinan besar itu hanya akan mengubah bumi berputar saja, bukan menghentikannya sama sekali. Sebenarnya tidak ada yang bisa menghentikan putaran atau rotasi Bumi.

Dampak Jika Bumi Berhenti Berotasi

Jika Bumi berhenti beputar, tetapi terus mengorbit matahari maka siang hari akan berlangsung selama Setengah Tahun lamanya atau 6 Bulan dan sebaliknya untuk malam hari.

Dengan adanya hal ini akan mempengaruhi iklim dibumi, perbedaan suhu yang besar antara siang dan malam, akan menyebabkan angin yang sangat kencang.

Perubahan iklim itu tadi terjadi, disebabkan adanya arah angin yang dibelokan ke samping dan kemudian angin ke arah timur dan barat serta angin yang ke arah kutub akan bertemu. Dengan adanya hal ini maka pertemuan angin tadi bisa menciptakan pusaran angin yang sangat besar seukuran seluruh benua yang ada dibumi.

Dan dampak Kedua Jika Bumi Berhenti Beputar

Maka bumi akan kehilangan medan magnetnya, inti bumi sebagian besar adalah berisi besi cair, kemudian dengan adanya gerakan putaran bumi mengubah besi cair tersebut, menjadi magnet dan memberikan meda magnet yang cukup besar dan sangat kuat.

Dengan adanya medan magnet dapat melindungi manusia dari sebuah radiasi berbahaya yang berasal dari sebuah partikel matahari dan sinar kosmik yang berasal dari luar tata surya.

Jadi jika Bumi berhenti beputar atau berhenti berotasi, maka medan magnet Bumi akan menghilang dan membuat radiasi matahari akan dapat mencapai permukaan bumi, dan menyebabkan suatu dampak yang mengerikan atau berbahaya bagi seluruh makhluk hidup yang ada dibumi. Dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Mungkin hanya ini yang dapat saya berikan informasi tentang ”  Suatu Objek Yang Dapat Memperlambat Atau Menghentikan Putaran Planet Bumi.” Jadi jika ada suatu kata yang salah mohon dimaafkan karna kurang fokusnya saat mengetik, dan sekian dari saya terima kasih ” Maudira Nurzaeni Fadillah”

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Maudira Nurzaeni Fadillah
Articles: 17