Kemampuan Teleskop James Web Dalam Mendeteksi Exoplanet Atau Mencari Planet Kehidupan Diluar Planet Bumi

Hallo, kali ini saya akan memberikan informasi tentang dunia Sains Atau Astronomi, apakah kamu tau kemampuan Teleskop James Web dalam mendeteksi Planet? Untuk saat ini Teleskop James Web sudah sampai di titik orbit L2 sejauh 1.5 Juta Km dari Bumi.

Dari situlah Teleskop James Web nanti akan bekerja untuk mengamati luasnya alam semesta, dari berbagai pekerjaan Teleskop James Web salah yang menarik adalah Teleskop ini mampu untuk mendeteksi Exoplanet atau mencari kehidupan selain Planet Bumi.

Bagaimanakah proses Teleskop dapat menemukan dan mendeteksi Exoplanet atau kehidupan di luar Bumi.

Exoplanet atau Planet yang mengorbit Bintang selain matahari banyak ditemukan pada jarak yang bervariasi dari Planet Bumi, mulai yang paling dekat sampai yang paling jauh dari Planet Bumi.

Misalnya Exoplanet yang terdekat dengan kita yaitu Proxima Centauri B, berjarak sekitar 4,2 Tahun Cahaya dari Planet Bumi, namun meskipun terbilang sebagai Exoplanet paling dekat dengan bumi secara kasatmata Planet ataupun Exoplanet, dengan jarak berapapun dari Planet Bumi hanya akan tampak sebagai titik yang bercahaya atau terang di langit.

Namun dengan menggunakan Teleskop titik cahaya itu dilangit akan terlihat menonjol dari Bintangnya dan mengungkapkan struktur seperti titik atau bintik merah besar seperti pada Planet Jupiter, Cicin Saturnus atau lapisan Es yang terdapat di Planet Mars.

Kehadiran Fenomena seperti itulah yang diharapkan dapat terlihat pada Exoplanet tapi, melihat jaraknya dari Planet Bumi mencegah kita untuk dapat melihat dengan jelas permukaanya secara langsung.

Namun meskipun seperti itu, ada cara lain untuk dapat mempelajari lebih lanjut tentang struktur Atmosfer mereka dan mematahkannya.

Terlepas dari beberapa kasus, dimana sebuah cahaya dari sebuah Planet dapat diamati atau dipelajari secara langsung sebagian Exoplanet dideteksi menggunakan metode tidak langsung.

Metode tidak langsung

Terdiri dari mengamati efek kehadiran Planet pada cahaya yang dipancarkan oleh Bintang induknya. Dalam metode tidak langsung ini, metode translit telah menghasilkan jumlah pendeteksian Exoplanet paling banyak.

Metode Translit

Terjadi dari sudut pandang kita dari Bumi melihat sebuah Exoplanet melintas di depan bintang induknya, selama translit cahaya dari Bintang yang berpijar akan berkurang diakibatkan karena permukaan Bintang tertutup sebagian oleh Planet.

Dari situlah para pengamat dapat melihat adanya Exoplanet, kemudian cahaya juga dibagi menjadi spektrum panjang gelombang yang sesuai dengan warna yang berbeda ketika translit diamati pada panjang gelombang maka komposisi Atmosfer Exoplanet dapat diukur, misalnya seperti molekul air yang akan menyerap cahaya dalam panjang inframerah dan membuat sebuah Planet akan tampak lebih besar dikarenakan Atmosfernya menghalangi sebagian besar cahaya dari Bintangnya.

Dengan cara yang sama juga dapat memungkinkan untuk mengukur suhu Atmosfer dan mendeteksi keberadaan awan disana.

Selain itu Exoplanet yang sedang Translit juga bisa lewat dari belakang Bintangnya dan Fenomena ini disebut juga Gergana Sekunder.

Dengan mengamati fenomena ini akan memungkinkan untuk mengisolasi cahaya yang datang hanya dari Planet dan dengan memperoleh informasi tambahan tentang Atmosfernya.

Metode tadi memiliki kelebihan masing – masing seperti metode translit, yang lebih sensitif terhadap keberadaan awan, sedangkan metode Gerhana Sekunder memberikan lebih banyak informasi tentang suhu pada atmosfer planet.

Kemampuan Menggunakan Teleskop James Web

Dengan menggunakan Teleskop James Web ini nantinya juga memungkinkan untuk menerapkan metode pemetaan yang tersedia bagi para ilmuwan, untuk mengukur variasi tiga dimensi pada Atmosfer pada Exoplanet.

Dengan Pengukuran ini nantinya akan memungkinkan juga bagi para ilmuan untuk memperdalam pengetahuan tentang proses Atmosfer Exoplanet dan seiring kemajuan teknologi dan mengembangan instrumen pengamatan bahkan memungkinkan juga untuk mematahkan Exoplanet yang benar – benar serupa dengan Planet Bumi dimasa mendatang.

Kesimpulan

Mungkin hanya ini yang bisa saya informasikan kepada kamu yang mencari kemampuan Teleskop James Web, dan terima kasih atas kamu yang telah berkunjung di sebuahinfo.com yang memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu semua dan sekian dari saya terima kasih salam saya “Maudiranurzaeni”

Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Default image
Maudira Nurzaeni Fadillah
Articles: 17